Ads Right Header

Buy template blogger

Sosialiasi PBL, Kelompok 13 FKM Uncen, berlangsung aman dan lancar

Foto : Tampak foto bersama pihak mahasiswa, Puskesmas, lurah Gaib, (Dok : Isak/KAWASANPUBLIK.COM)

Jayapura, KAWASANPUBLIK.COM | Dalam rangka pengalaman belajar lapangan atau (PBL), kelompok (19) mahasiswa asal Fakultas Kesehatan Masyarakat  (FKM) universitas Cenderawasih, gelar sosialiasi pengalaman belajar lapangan, di kelurahan Hatib, Kecamatan Distrik Kemtuk Gresik. Kabupaten Jayapura, selama seminggu (31/01 - 04/02/2023).



Mahasiswa FKM universitas Cenderawasih, angkatan 2020, kelompok 13 itu, melakukan sosialisasi ini, untuk mengambil data sebagai pengalaman belajar lapangan, yakni identifikasi masalah yang menjadi evidence based dalam menyusun program. Proses pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner yang telah disiapkan, menurut pengamatan wartawan media (KAWASANPUBLIK.COM).

Selama prosesi berlangsung, dosen pembimbing  mahasiswa adalah: Ibu Yane Tambing, S.KM., MPH, dan Ibu Serry Mamoribo, S.KM,. M.KS. selaku supervisor. 

Ibu Yane Tambing, S.KM., MPH, mengatakan, Sosialisasi awal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan sasaran dari kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) I serta kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa FKM di Kelurahan hatib. Tepat (31/1/2023).

“Pengalaman Belajar Lapangan yang akan kami laksanakan mulai 31 Januari hingga 4 Februari 2023 di Kelurahan Hatib  ini merupakan PBL 1 dimana fokus kegiatannya adalah identifikasi masalah yang menjadi evidence based dalam menyusun program. Proses pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner yang telah kami siapkan", TerangNya 

Selain itu, Eko Prayubo Bonsapia, S.STP., M.KP. selaku Lurah setempat mengatakan, apresiasi dan senang menyambut kedatangan mahasiswa FKM Uncen yang akan melaksanakan pengalaman belajar lapangan di wilayah kerjanya tersebut.

"Senang hati dan bangga atas hadirnya mahasiswa FKM Uncen semoga prosesi ini menjadi bekal pelajaran untuk kedepannya". Ujarnya.

Di samping itu, Bidan Uni, selaku Kepala Puskesmas Sawoy,  mengatakan, pihaknya senang membantu dalam pengambilan data sebagaimana yang di butuhkan peserta PBL.Pasalnya "Kami Puskesmas  akan ikut serta membantu jika nantinya mahasiswa PBL membutuhkan data-data kesehatan masyarakat di daerah Hatib". Pungkasnya (*)

 
Pewarta : Isak M Yogi
Editor : Derek kobepa 

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4