Ads Right Header

Buy template blogger

Melegalkan Pertambangan Rakyat Yang Disebut Ilegal Di Papua

Sumber pasifikpos.com


Oleh : John NR Gobai** 


 _Pengantar_ 

Pertambangan adalah kebun bersama sehingga, menurut kami jangan dirusak dan juga jangan dikotori, tetapi perlu dibicarakan tentang bagaimana sebaiknya dilakukan bagi pendulangan-pendulangan emas serta penambangan. batuan yang selama ini dilakukan di Tanah Papua, dihadapkan pada beberapa solusi yaitu dijadikan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) atau dikerjakan oleh pemegang Ijin Usaha Pertambangan, tentunya dengan melihat, keuntungannya bagi Masyarakat Asli dan Pengusaha Asli Papua.


Jika mempertimbangkan kemampuan modal dan keahlian masyarakat adat papua maka yang dapat diakes oleh masyarakat adalah jika ditetapkan menjadi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) dan diberikan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) sehingga diperlukan sebuah konsep pertambangan rakyat yang berkelanjutan, artinya ramah lingkungan dan jelas kontribusi bagi pemilik tanah serta minim dampak sosial yang negatif kepada masyarakat.


Dengan adanya ijin rakyat dapat membayar pajak untuk PAD.

Saya harap kita tidak menstigma rakyat ilegal karena mereka mencari hidup sehingga mereka mendulang apalagi kalau pendulangnya adalah OAP dan orang setempat maka kita keliru menstigma mereka ilegal, yang benar adalah mereka dilegalkan dan mereka dibina.


 _Roh Otsus_ 

Pemerintah sebetulnya dengan roh OTSUS yaitu Perlindungan, Keberpihakan dan Pemberdayaan kepada penambang rakyat apalagi sekarang sektor ini juga sudah dikerjakan oleh Orang Asli Papua. 


Dengan dasar UU No 3 Tahun 2020, Pemerintah  mestinya dapat menetapkan kembali wilayah pertambangan rakyat yang telah ditetapkan pada waktu lalu, tentunya dengan terlebih dahulu memetakan keberadaan aktivitasnya dan juga lokasi lokasi penambangan rakyat pada wilayah-wilayah yang telah dikerjakan sebelum ada UU No. 4 Tahun 2009 Jo UU No 3 tahun 2020, dan karena PERDASI Papua 14 Tahun 2008 tentang Pertambangan Rakyat Daerah telah dibatalkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan telah ada UU baru, maka DPRP tahun 2018 telah menyiapkan sebuah draft Perda telah dibahas dan ditetapkan tahun 2018 yaitu Raperdasi  tentang Pertambangan rakyat di Papua, namun sampai hari ini belum diberikan penomoran.


Hal ini sesungguhnya adalah perintah undang-undang, sehingga tidak dapat ditawar-tawar mutlak harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua atau Kabupaten/Kota di Papua dan juga melakukan pemetaan untuk aktivitas yang dilakukan diatas tahun 2009 dan sedang jalan, dalam rangka memformalkan tambang rakyat.


Oleh karena itu saya mengusulkan agar kegiatan masyarakat menambang di Korowai, Paniai, Pegunungan Bintang, Tolikara, Waropen, Mambramo, Supiori, Keerom, Mimika dan Nabire sebaiknya dilegalkan menjadi tambang rakyat.


 _Pendelegasian_ 


Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara telah berlaku sejak tanggal 11 April 2022. 


Terhitung sejak tanggal 11 April 2022, kewenangan Pemerintah Pusat dalam pengelolaan pertambangan mineral dan batubara yang beralih kepada pemerintah daerah provinsi meliputi: 

a. pemberian Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Mineral Bukan 

Logam, WIUP Mineral Bukan Logam Jenis Tertentu, dan WIUP Batuan dengan ketentuan: 

1) berada dalam 1 (satu) daerah provinsi, atau 2) wilayah laut sampai dengan 12 (dua belas) mil laut. b. pelayanan pemberian izin yang terdiri atas, antara lain Ijin Pertambangan Rakyat dan SIPB.


 _Penutup_ 

 Dinas ESDM Papua hrus ditugaskan mengurusnya sesuai UU No 3 tahun 2020 dan UU No 23 Tahun 2014 serta PP No 106 tahun 2021 dan  Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara,   antara lain mengurus perubahan status kawasan hutan, memetakan wilayah (WPR) serta mengusulkan kepada mentri ESDM menetapkan Wilayah Pertambangan Rakyat kemudian  mengeluarkan ijin pertambangan rakyat (IPR) kepada pemilik Tanah kemudian membina mereka bukan menggusur mereka.

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4